Pengangkutan Internasional

Karena tidak ada hambatan perdagangan atau investasi yang signifikan di Belanda, negara ini memiliki perdagangan yang berkembang baik dalam ekspor maupun impor. Ini telah mengarah pada pembentukan industri jasa pengangkutan yang komprehensif, didorong oleh posisi geografis Belanda yang menjadikannya rute transit penting bagi Eropa secara keseluruhan.

Layanan menyumbang hampir tiga perempat dari pendapatan nasional dan terutama dalam transportasi, distribusi dan logistik serta layanan keuangan. Statistik ini mengungkapkan pentingnya industri angkutan barang bagi perekonomian Belanda.

Pentingnya strategis Belanda melampaui batas geografisnya sebagai pelabuhan terbesarnya, Rotterdam, adalah salah satu pelabuhan tersibuk untuk pengiriman barang di dunia. Rotterdam adalah pelabuhan terbesar di Eropa dan sungai Meuse dan Rhine menyediakan akses ke hinterland hulu sejauh Swiss dan Prancis. Layanan Pengiriman Barang Antara 1962 dan 2004, Rotterdam adalah pelabuhan tersibuk di dunia, meskipun perbedaan itu sejak saat itu diklaim oleh Shanghai.

Selain jasa, kegiatan industri menghasilkan seperempat pendapatan nasional yang tersisa dan terutama dalam baja dan aluminium, penyulingan minyak, bahan kimia dan pengolahan makanan. Ada proporsi kecil dari pendapatan nasional yang dihasilkan oleh produk pertanian seperti susu, unggas dan daging, sayuran, buah dan bunga potong.

Ekspor terbesar adalah dalam bahan bakar mineral, bahan kimia, mesin, makanan olahan dan tembakau, sehingga perusahaan pengangkutan dan perusahaan pelayaran telah mengembangkan keterampilan spesialis dalam menangani kargo jenis ini, yang semuanya membawa serta persyaratan khusus mereka sendiri yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan angkutan atau perusahaan pelayaran.

Mitra dagang terbesar Belanda adalah bagian lain dari Uni Eropa, yang menyumbang 66% dari semua ekspor dan 47% impor ke Belanda. Jerman adalah satu-satunya negara Uni Eropa yang paling penting untuk pengiriman internasional, diikuti jasa pengiriman mobil motor medan oleh Belgia dan kemudian Inggris. Amerika Serikat adalah mitra dagang paling penting berikutnya, yang menyumbang 5% dari ekspor dan 8% dari impor.

Belanda adalah tujuan transportasi barang kedelapan terbesar untuk ekspor Amerika di dunia dan Amerika Serikat adalah investor terbesar ketiga di Belanda, dengan lebih dari 1600 perusahaan Amerika Serikat yang memiliki kantor atau anak perusahaan di Belanda.

Faktanya, kemitraan yang kuat antara Amerika Serikat dan Belanda sudah ada sejak Revolusi Amerika. Hubungan dekat didasarkan pada ikatan historis dan budaya serta keyakinan bersama tentang pentingnya kebebasan individu dan hak asasi manusia. Terlebih lagi, Belanda juga berbagi dengan Amerika Serikat kebijakan perdagangan liberal dan komitmen kuat pada prinsip perdagangan bebas. Pendekatan umum ini telah memunculkan tingkat perdagangan dan investasi bersama yang kuat, yang berarti bahwa perusahaan angkutan internasional yang memasok sektor ini telah mampu tumbuh secara paralel. Belanda adalah investor asing langsung terbesar keempat di Amerika Serikat serta Amerika Serikat yang menjadi investor langsung terbesar ketiga di Belanda.

Lokasi geografis Belanda berarti bahwa infrastruktur pengangkutan barangnya telah dapat berkembang untuk mencapai posisi dominan di jantung jaringan transportasi Eropa. Melalui hubungannya yang erat dengan Amerika Serikat, peran luar biasa penting ini di jantung infrastruktur Eropa juga mengambil dimensi global.

Belanda memiliki rekor surplus perdagangan 41 miliar Euro pada 2007 dan karenanya telah ditempatkan dengan baik, dibandingkan dengan beberapa negara lain, untuk tahan terhadap dampak terburuk dari resesi global.

Dengan catatan kuat tentang pengiriman barang dan perdagangan dengan negara-negara Eropa lainnya dan juga pentingnya infrastruktur transportasi ke seluruh Eropa, Belanda sangat terlibat dalam urusan internasional. Prioritas diberikan untuk meningkatkan integrasi Eropa dan memastikan keamanan Eropa.

Sebagai bagian dari membantu mencapai tujuan ini, Belanda adalah peserta aktif dalam Container Security Initiative di Rotterdam. Sejak 2004, Belanda telah membeli dan memasang 40 monitor portal yang memberikan cakupan Port Rotterdam yang hampir lengkap. Pemerintah Belanda juga telah mengizinkan Petugas Penghubung Imigrasi CBP Amerika Serikat untuk kembali ke Bandara Schiphol untuk membantu penyaringan penumpang yang menuju AS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *